Sabtu, 16 Mei 2020

(Review) Membaca Cepat untuk Pelajar & Remaja



Membaca Cepat untuk Pelajar & Remaja
Cara Mudah Membaca Cepat dan Cerdas

Penulis:Muhammas Noer
Ilustrasi: Frans Sitanggang (@duniafrans)
Penerbit: PT Grasindo
Isi/Ukuran: 152 halaman;  13,5 cm x 20 cm
ISBN: 978-602-452-450-3
Cetakan: 2017

Sampul belakang
Baca buku setebal 52 buku dalam setahun, bisa enggak ya?
BISA!
Buku ini membagi cara yang tidak biasa dalam menguasai teknik membaca ceat. Tentu saja dengan tips dan trik unik yang sangat mudah untuk diterapkan, di anataranya dengan menggunakan konsep mind mapping dan SQ3R. Membaca cepat di sini bukan hanya untuk mempersingkat waktu membaca, tetapi juga supaya kamu lebih memahami bacaan yang kamu baca.
Kalau ingin karir kamu sukses, tidak ada cara lain selain membaca buku sebanyak-banyaknya dari sekarang. Buku ini akan memberikan cara-caranya.
**
Untuk membaca buku ini perlu Niat, Tekad, Kemauan. Demikian himbauan sang penulis buku ini untuk memberi dorongan bagi pembaca untuk bisa membaca cepat. Baik, saya menuliskan saja kesan-kesan dalam tiap babnya.

Bab 1: Membaca cepat itu apa, sih?
Membaca cepat itu adalah teknik membaca yang mengajak kita untuk langsung ke masalah atau fakta yang dicari (Noer: 1).  Membaca cepat membutuhkan koordinasi yang baik antara mata, telinga, mulut, dan otak.

Dengan membaca cepat, kamu akan membaca beberapa kata sekaligus dalam sekali lihat (kecuali untuk kata-kata baru), memperluas daya pandangmu dan memperluas daya pandangmu untuk membaca secara vertikal maupun horizontal.
  Ø  Membaca cepat adalah membaca tanpa suara.
Vocalizing yaitu menyuarakan kata-kata yang sedang dibaca. Dalam teknik membaca cepat, vocalizing ini dianggap sebagai salah satu faktor yang membuat kecepatan membaca kamu jadi kurang maksimal (Noer: 6).
  Ø  Membaca cepat adalah membaca dengan pemahaman. Perbendaharaan kata-kata yang luas dan wawasan akan materi bahan bacaan itu mempengaruhi kecepatan membaca.
  Ø  Membaca cepat adalah membaca dengan konsentrasi. Membaca perlu koordinasi yang baik antara mata, telinga, mulut, dan otak. Keempat alat indera itulah yang dapat membantu kita berkonsentrasi dengan baik saat sedang membaca (Noer: 10).

  Bagaimana awal mula adanya teknik membaca cepat ini?
Tahun 1950-an, seorang guru bernama Evelyn Wood meneliti kemampuan orang-orang yang membaca cepat. Membaca dengan bantuan tangan (tepatnya jari) untuk menunjuk teks bacaan dan menyusurinya dengan cepat. Dengan cara ini, maka mata akan dipaksa untuk bergerak lebih cepat, sesuai dengan kecepatan jari tangan waktu menyusuri kata-kata yang ada dalam bahan bacaan. Metode ini dinamakan metode Wood.
Tahun 1958, nama metode Wood berubah menjadi Reading Dynamics, lalu kelamaan menjadi speed reading atau membaca cepat. Sejak itulah membaca cepat mulai dikenal oleh masyarakat.
John F Kennedy dan Jimmy Carter adalah tokoh yang sangat berkontribusi bagi berkembanganya program membaca cepat. Ketika mereka menjadi Presiden Amerika Serikat, para staf Gedung putih diajari teknik membaca cepat ini secara khusus.

Mitos #1 Membaca cepat adalah sesuatu yang mustahil.
Fakta: otak manusia bisa berkapsitas banyak dan bisa memproses informasi dengan sangat cepat.

Mitos #2 Membaca cepat dapat mengurangi kenikmatan membaca
Fakta: jika menguasai membaca cepat, maka kamu bisa lebih terhanyut dalam bahan bacaan yang sedang kamu baca. lebih berkonsentrasi.

Mitos #3 Membaca cepat hanya bisa dilakukan oleh orang-orang pintar.
Fakta: Yang mempengaruhi bukan pintar atau bodoh tetapi ketekunan.

Mitos #4 Membaca cepat adalah suatu kebohongan
Fakta: Ada bukti banyak orang yang bia membaca dengan kecepatan 2-3 kali lebih cepat daripada kecepatan membaca pada umumnya.

Orang yang membaca cepat karena perbendaharaan kata-katanya cukup luas jadi ia bisa mengenali kata-kata meski kata-katanya tidak beraturan. Yang penting huruf pertama dan terakhir dari kata tersebut sama. Contohnya ada halaman 24-25. 

    Bab 2: Kenapa, sih, kita membaca cepat

Kemampuan membaca akan meningkat dua sampai tiga kali lebih cepat; akan memperkuat kemampuan menyerap informasi dari bahan bacaan.
Membaca cepat berguna untuk:
1.   Memilah informasi penting:
Memilih buku yan tepat misalnya: membaca cepat dan sekilas judul buku-buku itu, lalu baca subjudu, daftar isi, halaman belakang (back cover: biasanya berisi sinopsis buku itu) dan kata pengantarnya.

2.   Cepat menguasai informasi
Misalnya membaca buku setebal 300 halaman dalam satu minggu menjadi 1-2 hari saja, bahkan ada yang tidak sampai 3 jam.
3.   Meningkatkan pemahaman
Karena lebih fokus pada persoalan dan melihat lebih jernih hubungan antarbab, antarparagraf, maupun antarpemikiran yang ada dalam bacaan tersebut (Noer: 36).

Menghitung kecepatan membaca =
Jumlah kata: Waktu yang dibutuhkan (dalam menit). 


Kecepatan membaca normal usia remaja (12-18 tahun) adalah sekitar 250-300 kata permenit. Seseorang dengan punya pemahaman yang baik biasanya dapat menguasai 70% dari bahan bacaan yang dibacanya, hanya dengan sekali baca (Noer: 45).


Bab 3: Persiapan untuk mulai belajar membaca cepat

Konsentrasi dan Motivasi.
 Jauhkan dari hal-hal mengganggu konsentrasi, misalnya saat tubuh lelah, suara-suara TV, orang mengobrol, musik), penerangan yang tidak sesuai, akun medsos, dsb. Trik untuk berkontrasi (Noer: 51). Motivasi adalah sesuatu yang bisa membuat seseorang melakuakn dengan sepenuh hati sehingga hasilnya akan lebih baik.

3 pilar penting dalam membaca: Kecepatan; Konsentrasi, Motivasi.

Bab 4: Yuk, kita berlatih membaca cepat

Perhatihan posisi tubuh. Ergonomi (ergon=kerja; nomoi=hukum-hukum alami) adalah ilmu yang membahas bagaimana tubuh kita bekerja secara alami.

Tips ergonomi dalam membaca:
1.   Duduk dengan rileks dan nyaman, perhatihan bagian leher, jangan bungkuk atau menekuk leher waktu membaca karena sikap itu membuat tidak nyaman.
2.   Perhatikan jarak antar tulisan sekitar 30 cm.
3.   Usahakan buku yang kamu baca itu ditopang di atas meja atau alas lain. Posisi yan tepat memudahkan kita untuk membolak-balik halaman buku.
4.   Menghindari gerakan yang tidak perlu ketika membaca, misalnya mengetuk-ngetukkan jari di atas meja, menggoyang-goyangkan kaki atau kepala.
5.   Penerangan yang cukup ketika membaca. Sinar lampu yang pas dan mengarah ke bahan bacaan sehingga seluruh huruf, kata dan kalimat akan terlihat jelas.
Praktik latihan membaca cepat dilampirkan pada bab ini.


Bab 5: Teknik lanjutan membaca cepat

Teknik membaca secara vertikal
Teknik membaca terstruktur. Metode SQ3R adalah metode:
-      Survey (melakukan survey)melihat secara sekilas sisi buku (judul utama, subjudul, sinopsis, kata pengantar, dan daftar isi. Skimming mencoba untuk mendapatkan ide besar atau the big picture dari buku tersebut. Ini sekaligus menciptakan minat yang uat untuk memahaminya.
-      Questioning: proses aktif dengan melakukan analisis, sintesis, dan argumentasi terhadap pokok pikiran yang disampaikan si penulis buku.
-      Read, setealh 2 tahap dia tas maka kita akan memahami struktur dan terminology yang digunakan. Beri jeda (break) membaca di tiap akhir bab. Waktu jeda bisa dipakai untuk melakukan review.
-      Recite: melakukan refleksi dari bahan bacaan, segera setelah kamu selesai membacanya, atau setelah selesai membaca satu bab.Tujuannya untuk menguji pemahaman atas teks atau bahan bacaan itu.
-      Review (meninjau) setelah seminggu atau sebulan sehingga materi bacaan akan masuk dalam memori jangka panjang. Setelah lewat dari 24 jam, pemahaman akan isi buku biasanya akan menurun, bahkan menurun sangat drastis setelah seminggu.

Tujuan utama membaca adalah : memahami

Otak membayangkan asosiasi terhadap kata.
5 cara untuk menguasai cara membaca efektif, yaitu:
1.  Kuasai struktur kalimat. Struktur kalimat bahasa Indonesia : subyek-predikat-objek-keterangan atau SPOK.
2. Perhatikan kata-kata negatif, misalnya; 'tetapi' 'melainkan', 'bukan', atau 'sebaliknya’' Jika kata-kata itu dihilangkan, maka maknanya akan rusak dan arti sebenarnya jadi hilang.
3.  Perhatikan kata-kata penghubung kalimat, anatar lain 'oleh karea itu’ oleh sebab itu’, 'karena', 'kemudian', dan lain-lain.
4.   Perhatikan kata kunci (keyword) dan terminologi khusus
5.   Perhatikan kata-kata yang dicetak khusus


Bab 6: Membaca cepat dalam bahasa Inggris

Faktor yang menentukan kecepatan dan pemahaman seseorang dalam membaca teks bahasa Inggris:
1.  Kosakata: kuasa kosakata dalam bahasa Inggris sehingga membantu kita dalam membaca dan memahami teks bahasa Inggris.
2.  Struktur kalimat: mengenali subjek, objek, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, dst.
3.  Idiom/ungkapan. Dalam bahasa Inggris, idiom digunakan dalam bahasa sehari-hari. Misalnya ‘as god as gold’= sesuatu yang baik sekali; ‘a man of the world’ = orang yang selalu memenuhi janjinya. Mungkin ada ribuan idiom dalam bahas Inggris.
4. Konteks bacaan: mengenali latar belakang dari sebuah teks/bahan bacaan, latar belakang si penulis waktu menuliskan teks tersebut, termasuk subyek yang dia tuliskan. Menguasai kosakata (memahamiarti kata dalam konteks sebah kalimat. Dalam memahami kosa kata, kita perlu memahamai baagimana sebuh akat terbentuh, apakah ada akhiran, awalan, atau apakah lata adasr atau bentuk kata yang lain); menguasai struktur kalimat – dalam bahasa Inggris perlu mengetahui kalimat inti (main clause) dan mana yang merupakan kalimat penjelas (subordinate clause) dari sebuah kalimat. (Noer:123-124). Pahami idiom dalam bahasa Inggris.

Contohnya:
”The company use carrot and stick approach to obtain good result from their employee”. 
Carrot and stick = reward and punishment. Mau lihat kamus idiom bisa klik http://www.idioms-today.com



Bab 7: Sekilas tentang mind mapping

Mind mapping adalah sebuah Teknik berpikirdan mencatat yang diperkenalkan pertama kali oleh Tony Buzan, seorang psikolog. Teknik ini mengolah informasi yang menggunakan kat akunci (keyword) dan gambar (Noer: 138-139). Mind mapping= kata-kata kunci dan gambar yang sesuai dengan yang ada di pikiranmu atau asosiasimu.

Mind mapping dan membaca cepat:
Membantu untuk mengingat apa yang sudah dibaca. Dalam membaca cepat, pemahaman adalah yang paling penting. Untuk bisa memahami, kamu harus bisa menemukan maksud dari kalimat-kalimat yang kamu baca itu dengan menemukan kata-kata kuncinya.

Demikian review buku ini. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar